RSS

“Pudding Tahu” a la chef Lidwina

15 Mar

Hai…saya udah lama kepengen buat pudding tahu, keliatannya gampang. Sempet nanya juga ke temen saya cara buatnya…berhubung saya gak fokus, jadilah realisasinya baru kemaren setelah mungkin dua bulan saya niat mau bikin.Hehe

Bahan-bahannya :

Seminggu yang lalu udah saya siapin sih bahan-bahannya…

  1. Sebungkus agar-agar yang gak berwarna (bening)
  2. Air matang 4 gelas
  3. Sekaleng susu kental
  4. Sekaleng buah kaleng “ewww sounds weird ada istilah lain yang lebih pas kayaknya tapi saya lupa” *ngeles*
  5. Sirup rasa jeruk
  6. Panci
  7. Cetakan

Saya bikinnya pas malem minggu, ya….namanya jomblo daripada jalan keluar liat yang lain pada ada gandengannya semua, bikin sakit hati aja, mending di rumah masak, meningkatkan kualitas diri *halah-curcol* Hahaha gak juga sih, karena Minggunya kan libur tuh, biar ada yang dimakan, kalau bikinnya malem Minggu kan, Minggunya udah bisa dinikmati.

Malemnya saya minta disms lagi sama temen saya cara ngebuatnya dan….gak dibales..Nah lohhh, saya mana inget cara buatnya gimana?? Kemaren-kemaren nanyanya juga sekedar nanya doang..sayanya juga gak tapi nyimak. Saya mikirnya, ah masih lama ini mau buatnya. *kebiasaanburukjangandicontoh*

Ok berarti saya harus mengandalkan feeling saya nih ngebuatnya…

Masalah yang pertama yang bikin saya bingung gimana cara yang bener nyampur agar-agar, air sama susu kentalnya?? Apa saya harus campurin dulu di suatu tempat baru dimasak?? Kalau masak sebangsa jelly-jelly instant sih saya bisa, kan ada pentunjuk pembuatannya di kemasan. Lha ini???

Berdasarkan feeling, ini yang saya lakukan…

  1. Siapin panci di atas kompor
  2. Masukin bubuk agar-agarnya
  3. Tuangin air
  4. Tuangin susu kental

Saya langsung campur bahan-bahannya di dalam panci, ya kayaknya emang gitu caranya, daripada saya campur di wadah lain terus dipindahin ke panci??!!Kan ribet tuh… Do I make sense??

Oke selanjutnya setelah semua bahan tadi dimasukkan ke dalam panci…

  1. Nyalain kompor
  2. Aduk-aduk sampai mendidih
  3. Matiin kompor
  4. Tuangin ke cetakan
  5. Masukin ke dalam kulkas
  6. Tunggu sampai dingin

Masalah kedua , oke setelah dingin saya agak ragu dengan urut-urutan buat kuahnya, sirupnya dulu yang dituang??? Apa buah kalengnnya duluu?? Atau dipotong-potong dulu pudingnya??

Dan yang saya lakukan adalah

  1. Potong-potong pudingnya kayak potongan tahu “which is why it call pudding tahu right???”
  2. Tuangin buah kaleng di atasnya
  3. Tuangin sirup
  4. Masukin kulkas lagi
  5. Keluarin
  6. This is it Pudding Tahu a la Chef  Lidwina….*bwahahaha udah berasa Farah Quinn*

Kenapa saya potong-potong dulu pudingnya ?? Karena kalau tuangin buahnya dulu baru dipotong-potong, entar malah susah motongnya soalnya kehalang sama buahnya…Trus kenapa saya nuangin sirupnya terakhir?? Biar buahnya juga kena siraman sirupnya. Dan kenapa dimasukin lagi ke kulkas??? Biar air buah dan sirup yang tadi dituang meresap disela-sela pudding yang udah dipotong-potong tadi… So make sense righttt???!!! Hahahaha

Oia sebenernya cara bikinnya sih kurang lebih kayak yang ada di kemasan agar-agarnya, bedanya disini gulanya digantikan susu kaleng tadi. Terus bedanya kalo pudding tahu pake dikasih kuah segala.

Okay sekian cara ngebuat pudding tahu versi saya…Gampang kan…gampang ah..saya aja bisa koq…

See ya….

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 15, 2011 in Cooking

 

Tinggalkan Balasan

 
